Sejarah Asal Tari Topeng Di Cirebon

I Smail Zone -
Sеjаrаh Aѕаl Tаrі Tореng Dі Cіrеbоn - Tari topeng adalah salah satu tarian tradisional yang ada di Cirebon. Tari ini dinamakan tari topeng sebab ketika beraksi sang penari menggunakan topeng.

Konon jauh sebelum Tari Topeng masuk Cirebon , telah tumbuh dan berkembang sejak periode ke 10-16 masehi di Jawa Timur. Pada masa pemerintahan Raja Jenggala ,yakni Prabu Amiluhur atau Prabu Panji Dewa.

Melalui seniman jalanan (pengamen) seni Tаrі Tореng alhasil masuk ke Cirebon dan kemudian mengalami perpaduan dengan kesenian lokal. Pada masa Cirebon menjadi sentra penyebaran Agama Islam (zaman Wali Songo) , Syekh Syarif Hidayatullah yang bergelar Syekh Sunan Gunung Jati berhubungan dengan Syekh Sunan Kalijaga memfungsikan Tari Topeng selaku cuilan dari upaya penyebaran Agama Islam yang juga sebagai tontonan dilingkungan keratin disamping 6 (enam) jenis kesenian lainnya seperti , Wayang Kulit , Gamelan Renteng , Brai , Angklung , Reog dan Berokan.
Dalam perkembangannya di penduduk umum , Topeng Cirebon kemudian menemukan dan memiliki bentuk serta penyajiannya yang spesifik , yang selanjutnya diketahui dengan istilah Tari Topeng Rahwana/Kelana , Tari Topeng Tumenggung ,Tari Topeng Rumyang ,Tari Topeng samba dan Tari Topeng Panji yang memakai Topeng selaku penutup wajah dengan 5 jenis topeng yang kemudian dikenal dengan Panca Wanda (memiliki arti lima wanda atau lima rupa) , yakni Rahwana , Tumenggung , Rumyang , Samba dan Panji.
Sejarah Asal Tari Topeng Di Cirebon
Tаrі Tореng Dі Cіrеbоn

Beberapa orang berasumsi bahwa Tari Topeng Cirebon adalah suatu seni tradisional yang dikerjakan secara turun-temurun. Namun , didalamnya ada sedikit unsur gaib , tetapi hal ini tidak akan berpengaruh kepada hidup kita , melainkan hanya sekedar pertunjukan seni semata.

Referensi:
http://lembaga.viva.co.id/sejarah/200646-sejarah-tari-topeng-orang.html
http://prasetyokoko.blogspot.com/2010/10/sejarah-topeng-cirebon.html
Seluruh informasi yang tersajikan di situs web kami (I Smail Zone) diterbitkan dengan tujuan sebatas sebagai informasi umum. Kami tidak menjamin tentang kelengkapan, keandalan, dan keakuratan pada setiap informasi yang kami terbitkan melalui tulisan-tulisan di dalam situs web kami.
Melalui situs kami, Anda dapat mengunjungi tautan eksternal. Meskipun kami berusaha untuk hanya menyertakan tautan berkualitas tinggi ke situs lain yang bermanfaat dan etis, kami tidak memiliki kendali penuh atas konten dan sifat situs yang kami tautkan. Baca Selengkapnya: https://ismail-zone.blogspot.com/p/blog-page_7.html.
Sumber Artikel: http://pandri-16.blogspot.com
Next Post Previous Post