Sejarah Asal Muasal Perkembangan Emoticon

I Smail Zone -
Sеjаrаh Aѕаl Muаѕаl Pеrkеmbаngаn Emоtісоn - Siapa yang tidak tahu dengan perumpamaan emoticon. Bagi yang suka dengan sms dan chatting/messenger pasti akan menjumpai emoticon-emoticon disana. Kita tahu Emoticon berasal dari gabungan dua kata Emotion dan Icon. Artinya , emoticon merupakan icon (gambar) yang mewakili keadaan emosional seseorang. Emoticon dipakai dalam komunikasi tekstual , atau tertulis yang tidak mampu melihat langsung ekspresi orang yang sedang diajak bicara.

Dulu emoticon telah mulai digunakan pada September 1982. Awal kisah bermula pada 19 September , di mana seorang profesor yang berjulukan Scott Fahlman dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh mengantarkan suatu surat elektronik (email) yang pertama kali memakai ѕіmbоl еmоtісоn.

Sejarah Asal Muasal Perkembangan Emoticon"Saya menganjurkan penggunaan karakter berikut untuk penenda dagelan: :-) Baca dari samping ," demikian pesan yang diantarkan Fahlman mirip dilansir dari Digitalspy , Selasa (11/9/2012).

Tak usang berselang wangsit Fahlman pun cepat diadopsi dalam skala global , di mana banyak orang mulai menggunakan emoticon dalam setiap pesan yang diantarkan. Saat ini kemajuan emoticon pun kian beragam , puluhan , mungkin ratusan emoticon dibuat tanpa perlu menggunakan abjad pada keyboard  digunakan untuk memperlihatkan warna dalam pesan yang dikirimkan.

Namun sayang , Fahlman tidak setuju dengan sejumlah penambahan emoticon yang ada saat ini. "Saya pikir mereka jelek , dan menghancurkan tantangan untuk bikin cara pintar yang mengekspresikan emosi dengan menggunakan karakter pada keyboard kriteria. Tapi hal itu muncul mungkin alasannya adalah saya membuat jenis lain dari sebuah huruf emosi ," katanya pada The Independent.

Selain itu , sang profesor pun mengaku terkejut ketika para pengguna komputer di seluruh dunia mulai memakai emoticon. Penggunaan emoticon non-digital sendiri mampu ditemui pada kurun ke-19 , di mana banyak orang menggunakannya dalam penulisan santai dan lucu.

Namun seiring dengan perkembangan dunia digital , alat еmоtісоn pun makin beragam dan tidak terpatok penggunaan karakter untuk mendifinisikan suatu emosi.  Dalam beberapa aplikasi pesan contohnya , para pengguna cukup menentukan sejumlah emoticon yang sesuai dengan keinginannya tanpa perlu repot mendefinisikan beberapa karakter untuk mengekspresikan emosinya.

Referensi:
http://techno.okezone.com/read/2012/09/11/55/688034/ini-ia-sejarah-penggunaan-emoticon-pada-komputer
http://blog.joshuakarsten.com/2012/09/sejarah-penggunaan-emoticon.html
Seluruh informasi yang tersajikan di situs web kami (I Smail Zone) diterbitkan dengan tujuan sebatas sebagai informasi umum. Kami tidak menjamin tentang kelengkapan, keandalan, dan keakuratan pada setiap informasi yang kami terbitkan melalui tulisan-tulisan di dalam situs web kami.
Melalui situs kami, Anda dapat mengunjungi tautan eksternal. Meskipun kami berusaha untuk hanya menyertakan tautan berkualitas tinggi ke situs lain yang bermanfaat dan etis, kami tidak memiliki kendali penuh atas konten dan sifat situs yang kami tautkan. Baca Selengkapnya: https://ismail-zone.blogspot.com/p/blog-page_7.html.
Sumber Artikel: http://pandri-16.blogspot.com
Next Post Previous Post