Sejarah Awal Adanya Hamburger atau Burger di Dunia

I Smail Zone -
Sejarah Awal Adanya Hamburger atau Burger di Dunia Sеjаrаh Awаl Adаnуа Hаmburgеr аtаu Burgеr dі Dunіа - Hаmburgеr (atau seringkali disebut dengan burgеr) ialah sejenis makanan berupa roti berbentuk lingkaran yang dipotong dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya diambil dari daging , kemudian sayur-sayuran berupa selada , tomat dan bawang bombay. Sebagai sausnya , burger diberi berbagai jenis saus seperti mayones , saus tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju , asinan , serta bahan suplemen lain mirip sosis dan Ham.

Burgеr аtаu Hаmburgеr sudah dikenal ribuan tahun kemudian. Ada banyak teori yang mengatakan asal mula burger ini. Ada yang menyebut burger pertama kali timbul di Hamburg , Jerman pada abad pertengahan. Saat itu Hamburg merupakan sentra konferensi antar penjualdari Arab dan Eropa. Saat itu para pedagang Arab sering makan masakan yang disebut Kibbeh , berupa daging kambing cincang dicampur dengan rempah-rempah lantas dipanggang. Penduduk Hamburg kemudian mulai berkenalan dengan kuliner ini , cuma saja mereka mengubahnya dengan daging sapid dan mengolahnya dengan teknik mengolah masakan ala mereka sendiri. Dari sinilah kemudian munculah nama Hamburger Steak yang kemudian menjadi sungguh popular.

Kata Hamburger pertama kali muncul pada buku milik Delmonico restoran di New York pada tahun 1834. Sedangkan roti untuk hamburger sendiri yang disebut bun , menurut sejarahnya muncul ketika diciptakan oleh J. Walter Anderson , seorang koki istana dI tahun 1916. Semenjak itu daging burger dan roti bun bertemu menjadi hamburger seperti dikenal kini ini.

Hamburger sekarang ini sudah mendunia. Hampir disemua Negara mampu dijumpai kuliner khas ini. Saat ini hamburger tidak cuma dapat dinikmati di hotel hotel , kedai makanan atau jarangan rumah makan cepat saji , tetapi di mini café , counter pinggir jalan dengan aneka cita rasanya. Di Indonesia , hamburger bahkan sudah begitu terkenal utamanya dikalangan anak-anak , sampaumur dan kaum muda. Rasanya yang lezat dan gampang dinikmati di mana saja dan kapan saja , sehingga menjadi makanan pilihan bagi kaum urban.

Burger vegetarian ialah burger yang dibentuk bagi orang-orang vegetarian. “Daging” yang ada di burger vegetarian sesungguhnya yang dibuat dari sayuran , kacang tanah , produk susu , jamur , protein kedelai , gluten dari tepung , telur , atau kombinasi. Burger vegetarian kadang-kadang adalah masakan vegan.

Burger vegetarian saat ini berkembang di beberapa restoran cepat saji di Amerika Utara , tetapi ketersediannya masih sedikit meskipun restorannya sama. Sejak April 2005 , burger vegetarian tersedia di seluruh kedai makanan Burger King dan beberapa Subways , begitu pula beberapa kedai makanan cepat saji lainnya , mirip Red Robin , Chilis , Denny’s , Johnny Rockets , Ruby Tuesday’s dan Hard Rock Cafe. Banyak kafe “sendok plastik” juga menawarkan burger vegetarian. Di negara vegetarian seperti India , McDonald’s menawarkan burger vegetarian , begitu pula dengan penganan yang lain.

Burgеr tanpa daging yang dibentuk oleh Boca , Gardenburger , dan Morningstar Farms dijual di banyak swalayan di Amerika Serikat dan Kanada.

Burger vegetarian pertama kali dibentuk di London ditahun 1982 oleh Gregory Sams , yang menyebutnya ‘VegeBurger’. Gregory dan kakaknya Craig telah membuat restoran kuliner alami di Paddington sejak tahun 1960. Sebuah hypermarket Carrefour di Southampton , terjual burger vegetarian sebanyak 2 ,000 tiga minggu setelah pertama kali dijual , seperti yang dilaporkan koran The Observer di tahun 27 Februari , 1983.

Referensi:
http://listiaji.wordpress.com/2008/10/12/sejarah-burger-dunia/
http://id.wikipedia.org/wiki/Hamburger
Seluruh informasi yang tersajikan di situs web kami (I Smail Zone) diterbitkan dengan tujuan sebatas sebagai informasi umum. Kami tidak menjamin tentang kelengkapan, keandalan, dan keakuratan pada setiap informasi yang kami terbitkan melalui tulisan-tulisan di dalam situs web kami.
Melalui situs kami, Anda dapat mengunjungi tautan eksternal. Meskipun kami berusaha untuk hanya menyertakan tautan berkualitas tinggi ke situs lain yang bermanfaat dan etis, kami tidak memiliki kendali penuh atas konten dan sifat situs yang kami tautkan. Baca Selengkapnya: https://ismail-zone.blogspot.com/p/blog-page_7.html.
Sumber Artikel: http://pandri-16.blogspot.com
Next Post Previous Post