Sejarah Awal Terciptanya Motor Harley Davidson
I Smail Zone -
Sеjаrаh Awаl Tеrсірtаnуа Mоtоr Hаrlеу Dаvіdѕоn - Debutnya dimulai dari kaleng bekas untuk mesin. Persaingan dengan sepeda motor bikinan Jераng , menjadikannya harus mengganti contoh administrasi semoga mampu kembali bangun dari krisis. Inilah perjuangan Harley Davidson , yang lebih dari 100 tahun menjadi ikon maskulinitas.Sejarah motor Harley-Davidson dimulai di Milwaukee pada tahun 1903. Saat itu , Bill Harley dan Arthur Walter Davidson yang berbagi suatu motor satu silinder. Dan hebatnya , seseorang membelinya ! Pada tahun 1905 , mereka kemudian sukses membuat 11 unit motor , pada tahun 1908 meningkat menjadi 154 motor….alhasil mereka mempunyai suatu pabrik motor , yang awalnya hanya terbuat dari papan , kebetulan yang menciptakan adalah ayah dari Davidson. Pabrik kecil ini kemudian meningkat , salah satu anggota keluarga Davidson , William , kemudian ikut bergabung. Akhirnya mereka merekrut 20 orang karyawan , untuk menyanggupi kebutuhan tenaga kerja.
Tahun 1909 , Bill Harley menciptakan proyek mesin V twin 1000 cc. Kala itu mesin ini bisa menciptakan 7 horsepower. Mesin dengan konfigurasi V-twin 45 derajat menjadi ciri khas dari motor Harley-Davidson.
Tahun 1910 , ialah awal pemasangan logo yang legendaries “Bar and Shield” di motor Harley-Davidson. Pada tahun ini , beberapa lomba balap motor , ketahanan motor dan kontes naik bukit dimenangkan oleh Harley-Davidson.
Tahun 1912 dicirikan dengan perkembangan yang pesat dari pabrik mоtоr Hаrlеу-Dаvіdѕоn. Pada saat itu , mulai dibangun 6 pabrik baru , bahkan pada saat itu sudah mulai dikerjakan ekspor ke Jepang. Di Amerika Serikat sendiri sudah berdiri lebih dari 200 dealer penjualan motor Harley Davidson.
Tahun 1914 mulai diperkenalkan sidecar.
Tahun 1915 mulai diperkenalkan transmisi sliding gear 3 kecepatan. Tahun 1917 , satu dari tiga motor dikirim untuk kepentingan Militer Amerika Serikat. Pada tahun selanjutnya , jumlah yang dikirim untuk kepentingan militer malah meningkat menjadi 50 % dari total produksi. Pada final tahun itu , diperkirkan lebih dari 20.000 unit motor Harley-Davidson yang digunakan oleh pihak militer.
Tahun 1918 , Harley-Davidson merupakan pabrik motor terbesar di dunia. Tetapi kemudian datanglah masa suram bagi Harley-Davidson , yakni ketika harga mobil kian murah (lahirnya mobil tipe T-Ford) , dan banyak orang menilai motor sudah ketinggalan jaman.
Tahun 1920 , diperkenalkan tanki tipe tear drop , menggantikan tanki yang menggantung di backbone. Pada tahun 1926 , motor dengan satu silinder kemudian muncul lagi , sehabis produksinya berhenti pada tahun 1918. Pada tahun 1928 , pertama kali diperkenalkan mesin Twin-cam dan rem roda depan di motor Harley-Davidson. Dengan perubahan ini , motor dapat dipacu hingga 85 mil per jam.
1930 mulai diperkenalkan motor trike (roda tiga) selaku motor Service-Car , bahkan banyak yang digunakan untuk kepentingan komersil dan kepentingan bagi kepolisian. Pada ketika itu , logo sayap rajawali mulai digambar di tangki , beberapa pergantian juga dijalankan di sector mesin.
Tahun 1936 sangat istimewa bagi Harley-Davidson , sebab pada saat itu lahirlah mesin 1340 cc. Mesin ini kemudian diaplikasikan ke Harley-Davidson tipe Knucklehead. Pada tahun 1947 , tipe Panhead pertama kali diluncurkan dari pabrik , menandai Harley-Davidson selaku satu-satunya motor bangsa Amerika.
Tahun 1940-an , ialah masa-masa patriotic bagi Harley-Davidson , sebab semua bikinan ditujukan untuk membantu pihak militer berperang. Bahkan pada tahun 1941 , buatan Harley-Davidson untuk sipil tidak boleh , semua buatan diarahkan pada untuk keperluan militer.
Pada tahun 1945 , bikinan motor untuk konsumsi sipil dibuka kembali. Harley-Davidson membeli pabrik renta A.O. Smith Propeller Plant , khusus untuk pengerjaan mesin. Mesin ini kemudian dikirim ke pabrik lama di Juneau Avenue untuk dirakit. Pada tahun 1949 , system hidrolik rem depan diperkenalkan pada versi Hydra-Glide.
Tahun 1950-an yakni tahun yang buruk bagi Harley-Davidson. Saat itu Inggris menguasasi 40 % pangsa pasar dengan motor model Triumph. Tapi untunglah , pada tahun 1957 , Sporster telah lahir , merupakan motor Harley tercepat dari yang sudah ada selama itu.
Tahun 1969 , ialah dikala ketika Harley-Davidson melaksanakan merger dengan American Machine and Foudry Compaly (AMF). Tetapi mutu yang dihasilkan sangat menurun , sehingga produk Super Glide dan SLCR Caferacer pada tahun 1970 menerima nama yang buruk. Kemudian manjemen Harley Davidson sukses keluar dari merger dan bertekad menciptakan motor yang terbaru namun tetap bercirikan Harley-Davidson.
Awal tahun 1970-an merupakan periode revolusi bagi Harley Davidson. Tahun 1971 , tipe cruiser sudah lahir yang bercirikan dengan mesin yang sporti tetapi sasis dan pelopor tetap memakai produk tipe Flathead. Tahun 1973 , operasi perakitan dipindah ke lokasi baru di Pennsylvania. Tahun 1975 , Harley-Davidson menemukan penghargaan AMA pada ajang Grand National Championships kontes dirt track. Tahun 1977 ,diperkenalkan FXS Low Rider dan LHS Electra Glide. FXS merupakan tipe posisi daerah duduk yang rendah (sehingga dikenal dengan istilah : Low Rider).
Tahun 1980 , diperkenalkan FLT dengan 5 kecepatan dan pergantian penggunaan belt dengan memakai merek Kevlar.
Pada tahun 1982 , Harley-Davidson menerapkan system Materials as Needed (MAN) di line produksinya. Sistem ini menghemat ongkos bikinan dan meningkatkan mutu. Tahun 1983 , pertama kali diperkenalkan H.O.G yang disupport oleh Harley-Davidson. Tahun 1984 , diperkenalkan model Softail.
Tahun 1987 , Harley Davidson melaksanakan listing di bursa saham New York Stock Exchange. Pada saat itu , diperkenalkan tipe FXSTS Springer Softail , yang merupakan motor klasik 1340 cc pada kurun modern.
Pada tahun 1990-an , diperkenalkan desain Fat Boy. Nama Fat Boy sendiri diambil dari variasi nama pesawat pembom yang menjatuhkan bom atom di Hirosima dan Nagasaki , yakni dari pesawat pembom : “Fat man” dan “Little Boy”.
Tahun 1991 dipernalkan FXDB Dyna Glide Sturgis. Tahun 1994 yakni masa Harley-Davidson masuk ke abad versi Superbike dengan meluncurkan tipe : VR1000. Tipe VR1000 dicirikan dengan doble overhead cam dan pendingin mesin cair.
Tahun 1996 dibuka pabrik di Franklin , Winconsin untuk Asesories dan Art Part motor Harley-Davidson. Pada tahun yang sama , lalu memperbesar fasilitas Pusat Pengembangan Produk di Milwoukee. Tahun 1997 , pabrik gres di Kansas City , pertama kali menghasilkan versi Sporter gres. Tahun 1998 , dibuka pabrik perakitan di Brazil , yang menciptakan produk tipe Softail dengan fuel injection.
Saat ini di Amеrіkа Sеrіkаt , Harley-Davdson menguasai 62 % pangsa pasar motor dengan cc diatas 850 cc.
Referensi:
http://ch0ky.wordpress.com/2007/10/31/sejarah-motor-harley/
http://era90.blogspot.com/2010/04/sejarah-singkat-motor-harley-davidson.html Seluruh informasi yang tersajikan di situs web kami (I Smail Zone) diterbitkan dengan tujuan sebatas sebagai informasi umum. Kami tidak menjamin tentang kelengkapan, keandalan, dan keakuratan pada setiap informasi yang kami terbitkan melalui tulisan-tulisan di dalam situs web kami. Melalui situs kami, Anda dapat mengunjungi tautan eksternal. Meskipun kami berusaha untuk hanya menyertakan tautan berkualitas tinggi ke situs lain yang bermanfaat dan etis, kami tidak memiliki kendali penuh atas konten dan sifat situs yang kami tautkan. Baca Selengkapnya: https://ismail-zone.blogspot.com/p/blog-page_7.html. Sumber Artikel: http://pandri-16.blogspot.com