Sejarah Singkat Kesultanan Samudera Pasai

I Smail Zone -
Sеjаrаh Sіngkаt Kеѕultаnаn Sаmudеrа Pаѕаі - Kesultanan Samudera Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Nusantara. Kesultanan terletak di pesisir timur maritim Aceh dan diperkirakan muncul sekitar periode ke-13. Pendirinya yaitu seorang laksamana Mesir bernama Nazimuddin al-Kamil.

Untuk melanggengkan kekuasaan Islam di sana , laksmana tersebut mengangkat seseorang yang bernama Marah Silu selaku raja pertamanya. Raja gres itu bergelar Sultan Malik al-Saleh dan memerintah antara tahun 1285 - 1297.

Letak geografis Sаmudеrа Pаѕаі sangat menguntungkan kerajaan tersebut dalam menghadapi persaingan jualan dengan Malaka dan Siam. Sebagai sebuah sentra jual beli di Sumatra , Samudera Pasai banyak dikunjungi oleh para penjualdari Tuban , Gresik , Palembang , Malaka , India , dan Cіnа serta wilayah yang lain. Hasil bumi dan laut merupakan barang kebutuhan primer yang laris di pasaran.
Seluruh informasi yang tersajikan di situs web kami (I Smail Zone) diterbitkan dengan tujuan sebatas sebagai informasi umum. Kami tidak menjamin tentang kelengkapan, keandalan, dan keakuratan pada setiap informasi yang kami terbitkan melalui tulisan-tulisan di dalam situs web kami.
Melalui situs kami, Anda dapat mengunjungi tautan eksternal. Meskipun kami berusaha untuk hanya menyertakan tautan berkualitas tinggi ke situs lain yang bermanfaat dan etis, kami tidak memiliki kendali penuh atas konten dan sifat situs yang kami tautkan. Baca Selengkapnya: https://ismail-zone.blogspot.com/p/blog-page_7.html.
Sumber Artikel: http://pandri-16.blogspot.com
Next Post Previous Post