Sejarah Awal Perkembangan Teori Atom

I Smail Zone -
Sеjаrаh Awаl Pеrkеmbаngаn Tеоrі Atоm - John Dalton ialah aktivis teori atom. Ia populer sebab teorinya yang membangkitkan kembali ungkapan “atom”. Dalam buku karangannya yang berjudul New System of Chemical Philosophy ia berhasil merumuskan hal wacana atom sekitar tahun 1803. John Dalton hidup pada masa 1766-1844. Ia menyatakan bahwa materi terdiri atas atom yang tidak mampu dibagi lagi. Tiap-tiap bagian terdiri atas atomatom dengan sifat dan massa identik , dan senyawa terbentuk kalau atom dari banyak sekali unsur bergabung dalam komposisi yang tetap.

John Dalton-lah ilmuwan Inggris yang di awal era ke-19 mengedepankan hipotesa atom ke dalam kancah ilmu pengetahuan. Dengan tindakan ini , beliau menyuguhkan ilham kunci yang memungkinkan pertumbuhan besar di bidang kimia semenjak dikala itu.

Meskipun terminologinya agak sedikit berlawanan dengan yang kita gunakan kini , Dalton dengan terang mengemukakan rancangan perihal atom , molekul , elemen dan campuran kimia. Dia perjelas itu bahwa meski jumlah total atom di dunia sungguh banyak , namun jumlah dari banyak sekali jenis yang berlawanan agak kecil. (Buku aslinya mencatat 20 elemen atau golongan atom; kini sedikit di atas 100 elemen sudah diketahui).

Meskipun perbedaan tipe atom berlainan beratnya , Dalton tetap beropini bahwa tiap dua atom dari golongan serupa yaitu sama dalam semua kualitasnya , tergolong “mass” (kuantitas material dalam suatu benda diukur dari daya tahan kepada pergantian gerak). Dalton memasukkan di dalam bukunya satu daftar yang mencatat berat relatif dari pelbagai jenis atom yang berlainan-beda , daftar pertama yang pernah disiapkan orang dan merupakan kunci tiap teori kuantitatif atom.

Dalton juga menjelaskan secara jelas bahwa tiap dua molekul dari gabungan kimiawi yang serupa terdiri dari variasi atom serupa. (Misalnya , tiap molekul “nitrous oxide” (N2O) terdiri dari dua atom nitrogen dan satu atom oxygen). Dari sini membentuk sesuatu gabungan kimiawi tertentu  tak peduli bagaimana bisa disiapkan atau di mana diperoleh selalu terdiri dari elemen yang sama dalam proporsi berat yang sepenuhnya sama. Ini yaitu “hukum proporsi pasti ,” yang telah diketemukan secara eksperimentil oleh Joseph Louis Proust bertahun-tahun lebih dulu.

Begitu meyakinkan cara Dalton menyajikan teori ini , sehingga dalam tempo dua puluh tahun ia sudah diterima oleh lebih banyak didominasi ilmuwan. Lebih jauh dari itu , hebat-andal kimia mengikuti program yang 4 direkomendasikan oleh bukunya: tentukan secara persis berat relatif atom; evaluasi gabungan kimiawi dari beratnya; tentukan kombinasi yang tepat dari atom yang membentuk tiap golongan molekul yang punya kesamaan ciri. Keberhasilan dari acara ini sudah barang tentu hebat.

Hasil perenungan Dalton menyempurnakan teori atom Democritus. Bayangan Dalton dan Democritus yakni bahwa benda itu berbentuk pejal. Dalam perenungannya Dalton mengemukakan postulatnya ihwal atom.
a) Setiap unsur berisikan partikel yang sangat keci yang dinamakan dengan atom
b) Atom dari bagian yang sama ) Atom dari bagian berlainan memiliki sifat yang berlainan pula

c) Atom dari suatu unsur tidak mampu diubah menjadi atom komponen lain dengan reaksi kimia , atom tidak dapat dimusnahkan dan atokan

d) Atom-atom dapat bergabung membentuk gabungan atom yang disebut molekul

e) Dalam senyawa , perbandingan massa masing-masing bagian ialah tetap.

Tеоrі аtоm Dalton mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai versi atom. Namun , teori atom Dalton memiliki kekurangan , yakni tidak dapat mengambarkan sebuah larutan mampu menghantarkan arus listrik. Bagaimana mungkin bola pejal dapatmenghantarkan arus listrik padahal listrik yaitu elektron yang bergerak. Berarti ada partikel lain yang dapat menghantarkan arus listrik.
Seluruh informasi yang tersajikan di situs web kami (I Smail Zone) diterbitkan dengan tujuan sebatas sebagai informasi umum. Kami tidak menjamin tentang kelengkapan, keandalan, dan keakuratan pada setiap informasi yang kami terbitkan melalui tulisan-tulisan di dalam situs web kami.
Melalui situs kami, Anda dapat mengunjungi tautan eksternal. Meskipun kami berusaha untuk hanya menyertakan tautan berkualitas tinggi ke situs lain yang bermanfaat dan etis, kami tidak memiliki kendali penuh atas konten dan sifat situs yang kami tautkan. Baca Selengkapnya: https://ismail-zone.blogspot.com/p/blog-page_7.html.
Sumber Artikel: http://pandri-16.blogspot.com
Next Post Previous Post