Sejarah Berdiri Mesin Pencari ALTAVISTA

I Smail Zone -
Sejarah Berdiri Mesin Pencari ALTAVISTAKumрulаn Sеjаrаh - Altаvіѕtа.соm ialah salah satu veteran search engine terbesar. Selama beberapa tahun , sebelum kelahiran situs-situs search engine di atas , Altavista.com merupakan search engine yang cukup dipertimbangkan. Pada masa jayanya , Altavista.com bisa menampilkan serangkaian informasi dari database situs lain , semisal dari AskJeeves.com , RealNames.com dan LookSmart.com.

Tetapi pada Mei 2001 , kejayaan tersebut mulai luntur sehingga banyak dari komplemen informasi tersebut lenyap atau tidak muncul selaku mestinya. Altavista.com pada awal Maret 2002 mengklaim dirinya sudah memasukkan sekitar 500 juta keterangan dan situs ke databasenya , tetapi Searchenginesshowdown.com menyatakan hanya sekitar 397 juta buah.

Selain mencari informasi di situs , Altavista.com dilengkapi dengan database informasi perihal gambar , MP3/audio , video , direktori dan berita. Keunggulan search engine ini yaitu kemampuannya melaksanakan operasi Boolean AND , OR , NOT dan AND NOT. Kelemahannya yaitu tidak banyak file komputer yang dapat diaksesnya , semisal file PDF. Alltheweb.com mampu mencari keterangan ke konten dengan 15 bahasa dunia yang berbeda , tanpa bahasa Indonesia. Tersedia form isian bagi yang ingin mencantumkan situsnya ke dalam database Altavista.com.

AltаVіѕtа diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation 's Western Research Laboratory yang menjajal untuk memperlihatkan layanan untuk membuat file penemuan perihal jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa pertengkaran tentang siapa yang bertanggung jawab atas inspirasi asli ,dua penerima kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista diseleksi dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista yaitu publik diluncurkan sebagai mesin penelusuran internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.

Saat peluncuran , layanan itu memiliki dua penemuan yang mengaturnya depan mesin penelusuran lainnya; Ini digunakan cepat , multi-threaded crawler (Scooter) yang dapat mencakup banyak halaman Web lebih dari yang diyakini ada pada ketika itu dan berjalan efisien pencarian back-end pada hardware lanjut.Pada tahun 1998 , dipakai 20 multi-prosesor mesin memakai-bit 64 DEC Alpha prosesor. Bersama-sama , mesin back-end memiliki 130 GB RAM dan 500 GB hard disk space , dan menerima 13 juta query per hari.Ini AltaVista menciptakan pertama dicari , full-text database dari sebagian besar dari World Wide web . Fitur yang membedakan AltaVista yaitu antarmuka minimalis ketimbang mesin penelusuran lain waktu , suatu fitur yang hilang di saat menjadi sebuah portal , namun kembali sewaktu upaya memfokuskan kembali pada fungsi pencarian.

AltаVіѕtа ѕіtuѕ ialah sebuah kesuksesan. Lalu lintas terus berkembangdari 300.000 hits di hari pertama lebih dari 80 juta hits sehari dua tahun kemudian.Kemampuan untuk mencari web , dan itu layanan AltaVista khususnya , menjadi subyek berbagai postingan dan bahkan beberapa buku. AltaVista sendiri menjadi salah satu tujuan utama di web , dan pada tahun 1997 akan menghasilkan US $ 50 juta dalam sponsor pendapatan .

Pada tahun 1996 , AltaVista menjadi penyedia pribadi hasil pencarian untuk Yahoo! . Pada tahun 1998 , Digital dijual ke Compaq dan pada tahun 1999 , Compaq AltaVista diluncurkan kembali sebagai web portal , berharap untuk bersaing dengan Yahoo!. AltaVista ditinggalkan dan halaman pencarian efisien terfokus pada fitur seperti belanja dan gratis. Pada bulan Juni 1998 , Compaq dibayar AltaVista Teknologi Incorporated ("ATI") $ 3 ,3 juta untuk yang nama domain altavista.com - Jack Marshall , salah seorang pendiri ATI , telah mendaftarkan nama pada tahun 1994. Pada bulan Juni 1999 , Compaq menjual saham lebih banyak didominasi di AltaVista ke CMGI , suatu perusahaan investasi internet. CMGI mengajukan penawaran umum perdana atas AltaVista berjalan pada bulan April 2000 , tetapi sebagai gelembung internet runtuh , IPO tersebut dibatalkan. Sementara itu , menjadi terang bahwa taktik ini AltaVista portal tidak berhasil , dan layanan pencarian mulai kehilangan pangsa pasar , khususnya untuk Google . Setelah serangkaian PHK dan pergantian manajemen , AltaVista secara sedikit demi sedikit gudang fitur portal dan kembali fokus pada pencarian. Pada tahun 2002 , AltaVista sudah meningkatkan kualitas dan kesejukan hasil dan didesain ulang antarmuka pengguna. Pada Februari 2003 , Altavista dibeli oleh Overture Services , Inc Pada bulan Juli 2003 , Overture sendiri diambil alih oleh Yahoo.

Kelebihan lain dari Altavista yang tidak dimiliki oleh search engine lain , yakni adanya kemudahan:

  1. “ѕреllіng сhесkеr” уаng ѕесаrа оtоmаtіѕ mаmрu mеngumumkаn kеуwоrd реnсаrіаn уаng ѕаlаh dаn mеmbеtulkаnnуа tаnра mеlаkѕаnаkаn реnсаrіаn ulаng.
  2. Fаѕіlіtаѕ “trаnѕlаtе” dаrі bеbеrара bаhаѕа kе bаhаѕа уаng lаіn , bаіk dоkumеn dаrі hаѕіl реnсаrіаn mаuрun dоkumеn рrіbаdі ,mеngаkіbаtkаn Altаvіѕtа ѕеаrсh еngіnе уаng іnоvаtіf , dаn fаvоrіt.
  3. Kеunggulаn dаlаm hаl реnсаrіаn hаlаmаn wеb , vіdео , gаmbаr , MP3 , dаnfіlе аudіо lаіnnуа.
  4. Dаlаm реnсаrіаn gоѕір рun Altаvіѕtа bіѕа mеnсаrі bеrіtа tеrаktuаl.

KEKURANGAN (-)
Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin penelusuran ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.


Referensi:
http://matrix8f.webs.com/apps/blog/show/4627910-sejarah-altavista-8d
http://tugasptikkelompok9.blogspot.com/2010/10/sejarah-altavista.html
Seluruh informasi yang tersajikan di situs web kami (I Smail Zone) diterbitkan dengan tujuan sebatas sebagai informasi umum. Kami tidak menjamin tentang kelengkapan, keandalan, dan keakuratan pada setiap informasi yang kami terbitkan melalui tulisan-tulisan di dalam situs web kami.
Melalui situs kami, Anda dapat mengunjungi tautan eksternal. Meskipun kami berusaha untuk hanya menyertakan tautan berkualitas tinggi ke situs lain yang bermanfaat dan etis, kami tidak memiliki kendali penuh atas konten dan sifat situs yang kami tautkan. Baca Selengkapnya: https://ismail-zone.blogspot.com/p/blog-page_7.html.
Sumber Artikel: http://pandri-16.blogspot.com
Next Post Previous Post