3 Contoh Desain Logo yang Menerapkan Hukum Golden Ratio


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Apakah sobat pembaca pernah mendengar istilah golden ratio dalam membuat desain logo? atau bahkan mas bro.. dan mba' sist.. pernah belajar dan mencoba membuat desain logo dengan menerapkan hukum golden ratio ini. Saya sendiri belum bisa menerapkan ilmu tentang hukum golden ratio ini dalam setiap desain logo yang saya kerjakan, karena teknik ini benar-benar butuh keahlian, kecermatan dan pengamatan yang lebih pada seorang desainer.

Namun walaupun demikian saya akan sedikit memberi sedikit informasi tentang golden ratio ini yang saya rangkum dari beberapa sumber beserta contoh desain logo yang menerapkan hukum golden ratio.



Golden ratio secara harfiah diterjemahkan sebagai rasio emas / kesempatan emas, merupakan sebuah angka yang sangat spesial dalam matematika. Golden ratio adalah bilangan irasional yang nilainya mendekati 1,618. Golden ratio biasanya disimbolkan dengan huruf Yunani φ. Angka ini sering muncul dalam konsep geometri, seni, arsitektur, hingga struktur makhluk hidup.

Sebenarnya tanpa kita sadari ada beberapa desain logo yang telah menerapkan hukum golden ratio ini padahal kita sudah sering melihatnya, berikut ini adalah dua contoh desain logo yang menggunakan golden ratio.

1. Logo Twitter


2. Logo Apple


3. Logo Toyota


Next Post Previous Post