Sejarah Awal Berdiri Negara Bahrain

I Smail Zone -
Sejarah Awal Berdiri Negara BahrainSеjаrаh Awаl Bеrdіrі Nеgаrа Bаhrаіn - Kerajaan Bаhrаіn (Arab: مملكة البحرين) yaitu suatu negara kepulauan di Teluk Persia yang tak memiliki perbatasan. Teluk Bahrain memisahkan negara ini dengan Qatar dan Arаb Sаudі.

Bаhrаіn (= mempunyai arti Dua Lautan) sebagai bagian dari peradaban antik “Dilmun”. Karena letaknya yang strategis , semenjak 3000 tahun SM sudah dikenal oleh bangsa-bangsa lain seperti Yunani , Mesopotamia , Mesir , Assyria dan India. Dalam perkembangan berikutnya Bahrain menjadi kawasan persinggahan dan penghubung utama jual beli antara Sumeria dan Lembah Indus.

Sejak simpulan era 18 , Bahrain sudah diperintah oleh keluarga Al Khalifa yang masih satu keturunan dengan suku bani Utbah yang menguasai Bahrain semenjak era ke-18.

Tahun 1820 , Bahrain di bawah pimpinan Shaikh Sulman dan Abdullah menandatangani kontrakdengan Inggris yang dikenal dengan “The General Treaty of Peace”. Perjanjian menyebutkan bahwa penguasa Bahrain tidak dibenarkan mengontrol teritorial kecuali dengan Inggris dan tidak diperbolehkan memiliki hubungan dengan pemerintahan aneh manapun tanpa ijin dari Inggris. Sementara itu Inggris berjanji akan melindungi Bahrain dari segala agresor.

Pada tahun 1968 Bahrain bergabung dengan delapan negara lain (Qatar dan tujuh Trucial Shaikhdoms , yang kini diketahui PEA) di bawah pemberian Inggris dalam perjuangan untuk membentuk Uni Arab Emirates. Karena kontradiksi yang tidak teratasi khususnya menyangkut kekuasaan diantara kesembilan Shaikhdoms , Bahrain melepaskan diri mencari kemerdekaan dan baru pada tanggal 15 Agustus 1971 , Bahrain menjadi suatu negara yang merdeka sarat dan sekaligus secara resmi mengakhiri kekerabatan khusus dengan Inggris mengenai tanggung jawab atas pertahanan dan permasalahan luar negeri Bahrain.

Referensi:
http://www.kemlu.go.id/manama/Pages/CountryProfile.aspx?l=id
http://subpokbarab.wordpress.com/2009/03/17/bahrain/#more-1350
Seluruh informasi yang tersajikan di situs web kami (I Smail Zone) diterbitkan dengan tujuan sebatas sebagai informasi umum. Kami tidak menjamin tentang kelengkapan, keandalan, dan keakuratan pada setiap informasi yang kami terbitkan melalui tulisan-tulisan di dalam situs web kami.
Melalui situs kami, Anda dapat mengunjungi tautan eksternal. Meskipun kami berusaha untuk hanya menyertakan tautan berkualitas tinggi ke situs lain yang bermanfaat dan etis, kami tidak memiliki kendali penuh atas konten dan sifat situs yang kami tautkan. Baca Selengkapnya: https://ismail-zone.blogspot.com/p/blog-page_7.html.
Sumber Artikel: http://pandri-16.blogspot.com
Next Post Previous Post