Sejarah Awal Terciptanya Boneka Barbie di Dunia

I Smail Zone -
Sеjаrаh Awаl Tеrсірtаnуа Bоnеkа Bаrbіе dі Dunіа - Barbie , itulah nama dari boneka yang saat ini terkenal dan paling disukai oleh semua anak kecil cewek yang ada didunia. Boneka yang mempunyai umur terpanjang dalam penjualan semenjak pertama kali diciptakan. Menurut penggagasnya , Ruth Handler - Pada mulanya , boneka Barbie dibuat sekadar mencari celah diantara dominasi bisnis mainan anak-anak yang dikuasai oleh boneka bayi.

Waktu itu Ruth Handler memerhatikan tingkah laku anak perempuannya , ia tengah bermain mendandani boneka layaknya sosok dewasa. Dari sinilah ilham untuk menciptakan boneka Barbie muncul.

Kemudian pengamatannya dipresentasikan oleh Ruth di hadapan Elliot yang ialah pemilik perusahaan mainan Mattel dan taklain suaminya sendiri.

Dalam presentasinya , Ruth mengungkapkan bahwa boneka tidak mesti fisik bayi atau anak kecil akan namun mampu juga dengan menciptakan boneka berbentuk fisik orang cukup umur.

Sejarah Awal Terciptanya Boneka Barbie di Dunia
Ruth Handler pun melaksanakan perjalanan ke Jerman , dari sinilah dia memperoleh boneka Bild Lili , sebuah boneka dengan tubuh seperti orang dewasa , berambut pirang. Di Jerman boneka tersebut sungguh populer di kalangan bawah umur wanita materi anak-anak laki-laki pun menyukai Bild Lili.

Bild Lili pun dibawa pulang untuk dipelajari langsung oleh Mattel. Inilah permulaan lahirnya Boneka Barbie. Dan Mattel pun balasannya mengakuisi Bild Lili pada 1964. Semenjak diakuisisi , Bild Lili mengesampingkan bahkan menghentikan prioritas pekerjaan rutinnya untuk 100% konsentrasi menggarap boneka Barbie.

Dan sosok boneka Barbie kian usang kian melambung namanya. Oleh lantaran itulah lahir beberapa buatan film Barbie , tergolong ambil serpihan dalam film Toy Story 2 dan 3. Dan Andy Warhol pun sempat menghasilkan lukisan pada boneka Barbie. Dan keberhasilan perusahaan Mattel yang menenteng Barbie semenjak awal pun kini sungguh besar hati alasannya adalah Barbie telah menjadi nama suatu jalan di salah satu daerah yang terdapat di kota New York , tepatnya di Times Square Garden , dengan nama , 'Jalan Barbie Boulevard'.

Ulang tahunnya yang ke-50 Bоnеkа Bаrbіе merayakannya bersama beberapa desiner ternama , sebut saja; Vera Wang , Calvin Klein serta Christian Louboutin. Untuk soal nama , nama Barbie sendiri merupakan abreviasi dari Barbara Millicent Roberts. Barbie hingga kini masih memelihara beberapa binatang semisal , anjing , kucing , kuda , zebra , dan bahkan panda dan anak singa.

Pеmbuаtаn Bаrbіе

Ruth merencakan bonekanya berbentuk tiga dimensi dengan bentuk tubuh remaja , bukan bayi. Ketika Ruth menjinjing wangsit ini ke suaminya dan direksi Mattel , tanggapan mereka tidak cocok dengan harapan Ruth.

Mereka berpendapat memproduksi boneka memerlukan biaya besar dengan prospek jangka panjang yang tidak terlampau baik.

Namun Ruth tidak surut dan tetap teguh dengan idenya. Tekad Ruth semakin besar lengan berkuasa saat ia mengunjungi Swiss pada pertengahan tahun 1950-an.

Di sana , Ruth menyaksikan suatu boneka Jеrmаn berjulukan Lilli , yang berbentuk gadis bagus dan yang dibuat dari plastik keras dengan sepatu indah dan anting-anting serta rambut yang diikat ekor kuda.

Lilli dirancang menurut huruf kartun terkenal Jerman , Bild , dan tersedia dalam ukuran tinggi 11 ½ inci dan 7 inci.

Setelah menyaksikan Lilli , desain Barbie menjadi semakin jelas dalam pikiran Ruth. Dia lantas kembali ke Amerika dan terus membujuk dan meyakinkan suaminya dan direksi Mattel untuk merealisasikan idenya.

Berkat ketekunan dan keteguhan Ruth , Barbie hasilnya mulai dirancang oleh teknisi dan insinyur di Mattel.

Rancangan Barbie berupa seorang gadis muda cantik dengan kaki panjang dan memiliki tinggi 11 ,5 inci. Ruth menyewa perancang pakaian Charlotte Johnson untuk membuat berbagai pakaian Barbie. Pada tahun 1958 , Barbie memperoleh paten dan setelah itu popularitasnya tak terbendung lagi.

Pеlunсurаn Bоnеkа Bаrbіе

Nama Barbie diambil dari putri Ruth yang berjulukan Barbara. Boneka ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 9 Maret 1959 di American Toy Fair di New York City.

Saat diluncrkan , Barbie mengenakan kostum baju renang bergaris seperti zebra yang dijahit tangan oleh pekerja rumahan Jepang.

Saat di ekspo , Barbie menghadapi skeptisisme dari para pembuat mainan yang baru pertama kali menyaksikan boneka dengan ukuran begitu kecil dan berbeda dengan boneka lain yang telah ada di pasaran.

Tentu saja Ruth Handler tidak mengalah. Dalam benaknya , Ruth sudah tahu apa yang mesti dijalankan selenjutnya.

Dia perlu untuk memperkenalkan Barbie terhadap seluruh anak di Amerika. Untuk itu , ia menciptakan iklan televisi menarik untuk memperkenalkan Barbie.

Strategi penjualan yang tepat segera membuat penjualan Barbie melonjak pesat. Boneka Barbie edisi pertama dijual seharga 3 dollar dan terjual 350.000 buah pada tahun pertama. Pada tahun 1964 , Mattel memperoleh hak untuk boneka Lilli dan buatan boneka Lilli lantas dilarang.

Tіmеlіnе Bоnеkа Bаrbіе

Barbie telah mengalami aneka macam adaptasi semenjak peluncuran pertamanya. Meskipun Barbie pertama dirancang untuk menjadi versi fashion , Barbie sudah menjalani lebih dari 80 tugas mirip dokter , astronot , hingga pemadam kebakaran.

Pada tahun 1961 , boneka Ken yang merupakan pacar Barbie diperkenalkan. Selain Ken , beberapa sahabat Barbie juga mulai diproduksi. Diantaranya:

1963 – Midge
1964-1965 – Allan , sobat Ken
1965 – Skipper dan Christie
1968 – teman Barbie beretnis Afrika-Amеrіkа
1995 – Adik Barbie berjulukan Kelly
1997 – Share a Smile Becky , seorang sobat penyandang cacat yang duduk di bangku roda.

Referensi:
http://www.adetruna.com/2012/12/sekilas-perihal-sejarah-boneka-barbie.html
http://maskolis.blogspot.com/2011/09/rahasia-dibalik-sejarah-boneka-barbie.html
http://amazine.co/23793/sejarah-barbie-pencipta-cerita-perjalanan-boneka-barbie/
Seluruh informasi yang tersajikan di situs web kami (I Smail Zone) diterbitkan dengan tujuan sebatas sebagai informasi umum. Kami tidak menjamin tentang kelengkapan, keandalan, dan keakuratan pada setiap informasi yang kami terbitkan melalui tulisan-tulisan di dalam situs web kami.
Melalui situs kami, Anda dapat mengunjungi tautan eksternal. Meskipun kami berusaha untuk hanya menyertakan tautan berkualitas tinggi ke situs lain yang bermanfaat dan etis, kami tidak memiliki kendali penuh atas konten dan sifat situs yang kami tautkan. Baca Selengkapnya: https://ismail-zone.blogspot.com/p/blog-page_7.html.
Sumber Artikel: http://pandri-16.blogspot.com
Next Post Previous Post